8 Klub Besar Terbaik di Asia

Share on :
 

dauninfo, mau kasih info seputar olahraga, kali ini yang mau dauninfo bagi adalah 8 Klub Besar Terbaik di Asia, Undian delapan besar Liga Champions Asia akan dilangsungkan hari Kamis (14/6) di markas besar AFC di Kuala Lumpur. Satu-satunya wakil dari Australia adalah Adelaide United. Dibandingkan tujuh klub lainnya yang merupakan klub-klub besar dengan dukungan keuangan kuat di masing-masing negara, Adelaide adalah klub kecil, dengan dana terbatas.

Markas klub ini di Stadion Hindmarsh hanya berkapasitas 17 ribu tempat duduk. Klub ini tidak memiliki dana dan sponsor besar. Baru-baru ini klub tersebut meminta keringanan dari Pemda Kota Adelaide untuk mengurangi sewa stadion sebesar 25 ribu dolar setiap kali pertandingan.

Walau sukses dalam sejarah Liga Champions Asia, Adelaide biasanya berjuang keras di Liga Australia. Di musim yang beru berakhir, mereka hanya menduduki peringkat 9 dari 10 peserta. Berikut profil pendek tujuh klub lain yang maju ke perempat final Liga Champions Asia musim ini.

Ulsan Hyundai adalah klub sepakbola Korea Selatan yang dimiliki oleh konglomerat Hyundai Heavy Industries. Perusahaan ini memiliki 24 ribu karyawan dengan omzet bisnis lebih dari 30 miliar dolar per tahun. Di musim 2011, mereka menduduki peringkat keenam di Liga Korea. Mereka sudah dua kali menjuarai Liga Korea dan enam kali menduduki peringkat kedua.

Bermarkas di ibukota Uzbekistan, Tashkent, Bunyodkor dimiliki oleh Uzbekgas, perusahaan gas dan minyak negara yang memiliki 124 ribu karyawan dan omzet bisnis 2 miliar dolar. Di tahun 2008, mantan pemain terbaik dunia asal Brasil Rivaldo bergabung dengan klub ini dengan bayaran 14 juta dolar untuk kontrak selama dua tahun. Tidak lama kemudian, mantan bintang Brasil lainnya, Zico menangani klub tersebut selama satu tahun.

Klub ini dikenal dengan nama Itti, dengan markas mereka di kota Saudi, Jeddah. Sponsor utama Itti adalah Saudi Telecom, perusahaan telekomunikasi milik pemerintah yang memiliki omzet tahunan, 15 miliar dolar. Al-Ittihad sudah memenangkan 8 gelar liga Saudi, dan 45 gelar secara keseluruhan. Mereka juga merupakan klub sepakbola tertua dan paling sukses di Arab Saudi. Mereka menjadi juara Liga Champions Asia di tahun 2004 dan 2005, dan satu-satunya klub yang pernah memenangkan Liga Champions Asia dua kali berturut-turut. Al-Ittihad dilaporkan memiliki 8 juta penggemar di Saudi saja, dan di bulan Desember 2006, membeli mantan pemain tengah Portugal Luis Figo, kontrak bernilai jutaan dolar, kontrak termahal dalam sejarah sepakbola Arab Saudi.

Adalah klub Saudi lainnya, yang bermarkas di ibukota negara Riyadh. Mereka sudah memenangkan 53 gelar sejak didirikan di tahun 1957 (36 gelar juara nasional, enam juara Asia, dan 7 juara Arab dan Teluk). Al-Hilal merupakan klub yang paling banyak mendapatkan dukungan di Arab Saudi. Saudi Arabia. Presiden klub tersebut sekarang adlaah Raja Saudi Musad bin Abdul Aziz al-Saud, yang bersama dengan anggota dewan pengurus lainnya memberikan dana ekstra bagi pengelolaan klub. Pengeluaran mereka belakangan sudah melebihi 50 juta dolar, karena membeli pemain-pemain asing seperti Thiago Neves (Brasil), Mirel Radoi (Rumania), Christian Wilhelmsson (Swedia), Osama Hawsawi (Saudi), dan Youssef El-Arabi (Maroko).

Klub ketiga di delapan besar adalah Al-Ahli yang bermarkas di Jeddah. Mereka menjadi finalis Liga Champions Asia di tahun 1986 dan sekarang ini memiliki 70 sponsor utama, kebanyakan adalah keluarga kerajaan Arab Saudi dan pengusaha kaya Saudi. Pendukung utama adalah Pangeran Khaled Abdulallh al-saud.

Satu-satunya wakil China di perempat final, Guangzhou Evergrande dimiliki oleh kelompok real estate Evergrande, salah satu kelompok real estate terbesar di China. Kelompok ini memiliki 45.8 juta meter persegi lahan untuk dibangun, dan memiliki proyek di 22 kota. Di lapangan, mereka sudah membeli pemain asal Brasil Cleo dari Partizan, dengan rekor transfer 5 juta dolar. Selain Cleo, mereka juga membeli pemain timnas Korea, Cho Won-Hee, pemain belakang asal Brasil Paulo dan rekannya di lapangan tengah Renato, dengan nilai transfer 16 juta dolar.Sebulan lalu, mantan pelatih timnas Italia Marcello Lippi diangkat sebagai pelatih, dan 2 Mei lalu, Guangzhou Evergrande mengumumkan pembelian pemain asal Paraguay, Barrios dengan perjanjian selama 4 tahun, dengan rekor kontrak termahal di China, 15 juta dolar.

Adalah klub Iran bermarkas di Isfahan, dan mereka berlaga di kompetisi yang disebut Liga Teluk Persia (PGL). Sepahan adalah juara bertahan PGL dan memiliki rekor paling sukses dengan merebut gelar juara 4 kali dalam 11 musim kompetisi PGL. Mereka juga menjadi satu-satunya klub yang pernah merebut gelar berturut-turut (2009/10, 2010/11 and 2011/12). Juga Sepahan menjadi klub di luar Teheran pertama yang menjadi juara PGL di tahun 2002/2003. Mereka juga menjadi klub Iran pertama yang melaju ke final Liga Champions Asia di tahun 2007. Klub ini dimiliki oleh perusahaan baja raksasa di sana, Mobarakeh, yang memiliki 6000 karyawan.

Sekian info  8 Klub Besar Terbaik di Asia, semoga bermanfaat

1 komentar:

Cahaya mengatakan... 13 Juni 2012 22.56

kok Persib, Arema, PSM, gk masuk? :D
Btw, bukutamunya blm ada juga?

Post a Comment and Don't Spam!