promosi365
Pasar Termurah

Tarian tor tor di klaim oleh malaysia

Share on :
info kali ini, seputar Tarian tor tor di klaim oleh malaysia, Klaim Malaysia atas tari Tor-tor dan Paluan Gondang Sambilan dari Tanah Batak dianggap seniman Mandailing, Herman Rangkuti, sebagai momen positif untuk mengangkat budaya Batak sebagai warisan dunia.



"Kami melihat hal ini dari sisi positif saja untuk mengangkat Tor-tor Batak sebagai warisan dunia," kata dia ketika dihubungi di Jakarta, Senin (18/6/2012).

Herman mengimbau kepada pemerintah agar memperhatikan dan mengangkat Tor-tor dan Paluan Gondang Sambilan. "Bisa saja melayangkan protes, tapi harus segera diperhatikan dan diangkat agar tidak diklaim," ujar dia.

Menurut Herman, dilihat dari segi sejarahnya, Malaysia tidak mungkin memiliki tarian Tor-tor dan Paluan Gondang Sambilan karena suku Mandailing sudah ada di Tanah Batak walaupun ada yang bermigrasi ke Malaysia.

Tarian Tor-tor, menurut Herman, memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi sampai orang luar pun mau mengakuinya. "Tidak mungkin mereka mau mengakui begitu saja jika nilainya tidak tinggi," tambah dia.

Herman mengatakan, Himpunan Keluarga Mandailing di Jakarta sedang berkoordinasi terkait rencana klaim Malaysia terhadap tari Tor-tor dan Paluan Gondang Sambilan. 

5 komentar on Tarian tor tor di klaim oleh malaysia :

Misbah mengatakan... 18 Juni 2012 pukul 05.43

kalo saya jadi pak SBY,saya akan berkata"sekali lagi malaysia mengakui budaya Indonesia,maka saya akan membumi hanguskan malaysia"Tapi sayang,pak SBY terlalu baik pada orang luar negeri tapi tidak pada rakyatnya,....nice share sob,.......

Admin| dauninfo mengatakan... 18 Juni 2012 pukul 06.15

saya setuju sob,,,,
ya tapi SBY bukan sperti yang kita harapakan sob

Sigodang Pos mengatakan... 18 Juni 2012 pukul 06.42

Sampai kapanpun Tor-tor tetap asli dari Batak, Indonesia. Sebagai orang Batak saya sedih, dan juga senang. Sedih kenapa? karena negara lain lebih menghargai Tor-tor daripada negara sendiri. Saya senang ternyata ada negara lain yang peduli dengan tarian tor-tor. Saya tidak banyak berkomentar tentang ini, Semoga saja pemerintah bisa berkaca.

apink mengatakan... 18 Juni 2012 pukul 18.58

saya suka kalimat mas misbahudin,.. khususbta pak SBY terlalu baik pada orang luar negeri tapi tidak pada rakyatnya,...." saya sependapat.. heheheheee

Lusia Yotista mengatakan... 20 Juni 2012 pukul 04.56

Duh.. kenapa malaysia claim lagi ? Apa memang malaysia.nya yang kurang diajar atau kitanya yang kurang menjaga kebudayaan ya? u_u

setelah diklaim org luar baru deh..

Post a Comment and Don't Spam!